bitcoin

bitcoinker

Monday, August 30, 2010

Waspada Perang di Dunia Maya!!

Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengingatkan ancaman perang dunia maya pada masa datang.


"Saya hanya minta satu saja, tolong pelajari betul ancaman perang dunia maya atau 'cyber war'," katanya dalam wisuda perdana Universitas Pertahanan Indonesia di Jakarta, Sabtu (21/8).




Ia mencontohkan Estonia yang sempat seluruh jaringan komputernya mati sehingga seluruh transaksi dan sistem pemerintahan lumpuh selama tiga hari. "Estonia seolah-olah terisolir dari percaturan dunia karena tidak ada transaksi informasi yang masuk. Perbankan kolaps, komunikasi kolaps," katanya.


Mendiknas menambahkan, apalagi sistem persenjataan alat utama sistem persenjataan saat ini sudah sangat terbuka dan semua dikendalikan melalui komputer.


"Sistem yang terbuka dan 'komputerize' itu kita berpeluang masuk dalam 'cyber war'. Karena itu, perlu ada sistem pengaman yang mengantisipasi 'cyber war'," katanya.


Terkait itu, Muhammad Nuh meminta ancaman perang dunia maya bisa dikaji dan diantisipasi oleh pihak Universitas Pertahanan Indonesia dan alumninya.


Universitas Pertahanan Indonesia yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009 merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang khusus mengkaji soal pertahanan dan menyiapkan pemikir bidang strategi pertahanan.


Universitas Pertahanan Indonesia hanya membuka dua program studi, yaitu Strategi Perang Semesta dan Manajemen Pertahanan. Dalam waktu dekat, Universitas Pertahanan Indonesia akan membuka program magister baru, yakni Ekonomi Pertahanan dan Manajeman Penanganan Bencana Alam.






awardmails.biz





autopayouts.com

0 comments:

Post a Comment

back to top