bitcoin

bitcoinker

Saturday, December 11, 2010

Makanan Untuk Menambah Konsentrasi

Riset yang dilakukan para ahli mengatakan, suasana hati kita sangat dipengaruhi oleh kadar hormon-hormon tertentu di dalam tubuh. Misalnya, hormon dopamin, serotonin, norepinefrin, dan kortisol. Tinggi atau rendahnya kadar hormon-hormon ini, salah satunya ditentukan oleh pola hidup yang kita jalankan. Termasuk oleh makanan yang kita santap.

Karena itu, supaya suasana hati tetap stabil, ada baiknya kita pelajari lebih jauh makanan anjuran para ahli yang bisa membantu memperbaiki mood. Salah satunya, ketika kita sedang sulit berkonsentrasi.

Santap: Telur, ikan, kacang merah
Tak hanya mereka yang bekerja di kantor yang harus selalu fokus. Berkarya di rumah sebagai ibu rumahtangga juga memerlukan konsentrasi tinggi. Misalnya, ketika membantu anak belajar atau menyusun anggaran belanja. Pada saat seperti ini, kita butuh pikiran yang jernih dan tajam, agar aktivitas ini bisa memberi hasil terbaik untuk anak dan keluarga.





Agar daya konsentrasi otak meningkat, coba sisipkan olahan berbahan dasar telur, ikan, dan kacang merah, ke dalam menu sehari-hari. Ketiganya mengandung protein tinggi, yang mampu meningkatkan kadar hormon tirosin di otak. Menurut Harris R Lieberman, PhD, penulis buku Nutritional Neuroscience, kadar tirosin yang tinggi akan membuat otak kita lebih waspada dan mudah  berkonsentrasi. Lieberman adalah peneliti dari Department of Psychology, Massachussetts Institute of Technology.

Lengkapi dengan: Mengurangi karbohidrat dan lemak. Keduanya mengandung L-Tryptophan yang dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin dan serotonin. Dalam jumlah terlalu banyak, kedua hormon ini dapat menurunkan semangat dan membuat kita mudah mengantuk. 

(rileks)

0 comments:

Post a Comment

back to top