bitcoin

bitcoinker

Thursday, October 14, 2010

Atasi Bibir Keringmu!


Bibir kering  dan pecah-pecah merupakan masalah yang sering dihadapi kaum wanita. Bibir yang pecah  tersebut memudahkan kulit terluka dan menimbulkan rasa sakit serta membuat lipstick yang digunakan tidak menempel dengan baik.

 

Bibir pecah-pecah disebabkan oleh beberapa faktor seperti  polusi udara, perubahan susu yang cukup ekstrem, makanan yang terlalu asam atau asin, merokok, kebiasaan minum kopi atau minuman alcohol, kurangnya konsumsi buat atau sayuran, kurang mirnum air, memakai kosmetik yang berbahan kimia keras, alergi, pasta gigi yang mengandung banyak detergen, hingga kebiasaan menjilat bibir dengan air liur.

Keringanya bibir sering kali merusak penampilan sempurna wanita. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi akan dampak bibir kering karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkannya:

1.    Gunakan lipbalm yang mengandung tabir surya dan pelembab
Sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab keringnya bibir sehingga penggunaan tabir surya pada bibir menjadi penting. Begitu juga dengan pelembab yang diperlukan agar kelembapan bibir tetap terjaga saat melakukan aktivitas seharian.

2.    Pilih lipstik yang sesuai
Saat membeli kosmetik, perhatikan kandungannya. Pilih kosmetik atau lipstik yang mengandung emollient dan berbahan alami serta mengandung pelembab.

3.    Basahi bibir saat merasa kering dengan air putih
Membasahi bibir jangan dengan menjilati bibir, karena dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir sehingga bibir akan semakin kering. Cukup gunakan air putih atau minum segelas air putih untuk membasahi bibir.






4.    Minum delapan gelas air putih setiap hari
Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat bibir menjadi kering.

5.    Segera bersihkan sisa lipstik sebelum tidur
Sisa lipstik dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut dan scrub bibir untuk menyikat bibir dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Dapat pula menggunakan handuk lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan bibir.

6.    Konsumsi sayur dan buah
Pilih sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral. Kadar air yang terdapat pada bibir juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

7.    Jauhi gaya hidup merokok atau minum alcohol
Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan warna hitam pada bibir. Sedangkan alkohol dapat membuat dehidrasi yang berakibat bibir menjadi kering.

8.    Oleskan pelembab bibir pada malam hari sebelum tidur

Selain menggunakan pelembab bibir yang dijual, Anda dapat menggunakan madu sebagai pelembab alami yang dapat memberikan nutrisi pada bibir.

9.    Melakukan pemijatan bibir dengan menggunakan minyak zaitun
Pemijatan akan membantu peredaran darah pada bibir menjadi lancar sehingga bibir tetap sehat. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk melakukan pengolesan pada bibir pada saat memijat bibir Anda.

(rileks)

0 comments:

Post a Comment

back to top