bitcoin

bitcoinker

Friday, October 1, 2010

Cara Hentikan Pipis

Kamu termasuk penderita pipis berlebih, sebenarnya ada banyak pilihan serta cara untuk mengatasinya dengan mengubah beberapa hal dalam kebiasaan kamu sehari-hari.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hasrat ingin buang kecil berlebih:

1. Perhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi
Kamu tentunya tak mau mengalami dehidrasi, tapi terlalu banyak minum juga kurang baik. Minumlah sesuai dengan kapasitas tubuh. Air yang kamu minum sebaiknya sesuai dengan rasa haus kamu. Maka itu, minumlah saat kamu memang merasa haus.

2. Catat jenis minuman yang dikonsumsi
Setidaknya selama dua hari, tulislah semua jenis minuman yang kamu konsumsi, seperti kopi, teh, soda, susu, atau air mineral, beserta kuantitasnya.

Catat pula waktu kamu meminumnya dengan jarak waktu kamu pergi ke kamar kecil. Kamu akan melihat adanya suatu pola. Contohnya, kamu akan menyadari bahwa meminum kopi untuk sarapan menyebabkan kamu harus lebih sering buang air kecil.
Dengan catatan itu, kamu dan dokter dapat mengenali berbagai faktor yang berhubungan dengan penyebab pipis berlebih sehingga dapat mengantisipasi perubahan kebiasaan untuk mencegah hal yang lebih buruk.

3. Hindari kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol merupakan zat diuretik atau obat pendorong produksi air seni. Menghindari kafein dan alkohol dalam daftar menu kamu adalah salah satu cara efektif mengatasi pipis berlebih.

4. Konsumsi makanan berserat
Ketika perut kamu sudah terasa penuh, kandung kemih juga akan penuh dan dapat menyebabkan masalah pada sistem buang air kecil. Konsumsilah makanan berserat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

5. Jagalah berat badan
Kelebihan berat badan dapat membuat kandung kemih tertekan dan menyebabkan sering pipis.





6. Pakailah pembalut
Produk ini dapat membantu kamu terhindar dari kejadian yang memalukan, tapi pakailah pembalut yang benar-benar nyaman. Pilih yang dapat menyerap banyak cairan, tak membuat iritasi pada kulit, dan nyaman dipakai.

7. Bawa celana dalam tambahan
Bawalah pakaian dalam tambahan ke mana pun kamu pergi untuk berjaga-jaga agar celana dalam kamu tetap kering dan bersih.

8. Ketahui toilet terdekat
Dengan mengetahui lokasi toilet terdekat, kamu nantinya tak perlu tergesa-gesa mencari toilet saat hendak pipis. Bila kamu tengah berada di restoran ataupun biokop, pastikan kamu tahu jalan menuju toilet terdekat.

9. Lakukan senam kegel
Senam kegel telah dikenal dapat mengencangkan otot-otot panggul sehingga membantu penderita inkontinensia mulai dari tahap rimgam hingga berat. Kuncinya adalah berlatih dengan teratur dan konsisten. Apabila kamu merasa ingin buang air kecil, tetap tenang dan lakukan kontraksi otot panggul. Jika kamu langsung berdiri dan berlari, justru kamu akan mengompol. Latihan otot panggul dapat membantu mengatasi pipis berlebih bahkan melebihi obat yang diresepkan doketr. Maka itu, jadikanlah senam kegel sebagai bagian dari rutinitas Anda.

10. Cari dukungan
Sebenarnya, pipis berlebih merupakan hal umum yang terjadi pada banyak orang maka kamu tak perlu malu. Bicarakanlah dengan dokter kamu tanpa rasa malu, dokter pun pasti sudah sering mendengar kasus itu dan akan membrikan pengobatan terbaik bagi kesehatan kamu. 

(rileks)

0 comments:

Post a Comment

back to top