bitcoin

bitcoinker

Sunday, October 10, 2010

Diciptakan Teh Dan Kopi Berbahan Dasar Anggur

Buah anggur tidak saja diambil sarinya. Sisa perasan sati atau ampas buah anggur merah juga dapat dijadikan berbagai jenis minuman seperti kopi dan teh. Kopi serta teh celup anggur ini mulai banyak dijadikan menu utama di berbagai hotel berbintang.

Adalah Sri Astuti warga Pasuruan, Jawa Timur, yang sukses menciptakan berbagai minuman berbahan anggur. Menurut Sri Astuti, kopi anggur dan teh celup anggur banyak diminati karena mengandung bahan anti oksidan yang berkhasiat bagi kesehatan.

Untuk membuat bubuk kopi, perlu proses sangrai atau memasak tanpa minyak goreng. Sementara untuk membuat teh celup, proses olah hanya sampai pada penjemuran saja.

Sedangkan membuat sari buah anggur, Sri hanya tinggal melanjutkan proses berikutnya yakni menambah gula pasir lalu dikemas dalam botol ukuran tertentu. Kemasan lalu disterilkan pada suhu diatas 80 derajat Celcius.







Selain minuman, buah anggur yang banyak dibudidayakan di Probolinggo dan Pasuruan ini bisa dijadikan kripik dan selai anggur. Produk makanan dan minuman yang dihasilkan kini telah dipasarkan ke sejumlah kota besar di Jawa.

(rileks)

0 comments:

Post a Comment

back to top